wport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0″>

Hai kalian, jika kalian merupakan seorang desainer grafis dan ingin menghasilkan uang tambahan, maka Upwork adalah platform yang tepat untuk bekerja sebagai freelancer. Di platform ini, kalian bisa mencari banyak klien dan project yang cocok dengan keahlian kalian. Namun, bagaimana cara agar kalian bisa mendapatkan project dengan bayaran yang tinggi di Upwork? Berikut adalah 7 cara yang bisa kalian lakukan.

Ciptakan Profil yang Menarik

Pilih Foto Profil yang Memikat

Salah satu kunci untuk membuat project kalian diterima oleh klien adalah dengan memiliki profil yang menarik. Salah satu cara untuk membuat profil kalian menarik adalah dengan memilih foto profil yang memikat klien. Kalian bisa memilih foto yang menampilkan kemampuan kalian dalam desain grafis.

Tulis Deskripsi Profil yang Menarik

Tidak hanya dari segi gambar, namun kalian juga harus menarik klien melalui deskripsi profil kalian. Berikan informasi tentang pengalaman kalian dan jenis project yang kalian bisa kerjakan di deskripsi profil kalian.

Cari Project yang Cocok dengan Kemampuan Kalian

Pilih Kategori Project yang Tepat

Jangan tergesa-gesa dalam memilih project, pastikan kalian memilih kategori project yang sesuai dengan bidang keahlian kalian seperti logo design, poster design, brochure, dan sejenisnya.

Baca Deskripsi Project Secara Detail

Pastikan kalian memahami deskripsi project secara detail. Dari deskripsi, kalian akan mendapatkan informasi tentang keinginan klien dan kesesuaian kemampuan kalian dengan kebutuhan klien tersebut.

Pilih Klien yang Baik

Perhatikan Rating Klien

Salah satu cara untuk mendapatkan klien yang baik adalah dengan melihat rating nya. Klien dengan rating yang tinggi cenderung memiliki kerja sama yang lebih baik dan kesenjangan pembayaran yang lebih kecil.

Tanyakan Proyek dengan Tegas

Jangan ragu untuk bertanya pada klien tentang proyek yang mereka ajukan. Pastikan kalian memahami kebutuhan klien dan kejelasan pembayaran sebelum menerima proyek tersebut.

Menjaga Kualitas Pekerjaan

Bekerja Sesuai Batas Waktu

Pastikan kalian bisa menyelesaikan project tepat waktu sesuai dengan target waktu yang diminta oleh klien. Hal ini dapat memperlihatkan kualitas kalian sebagai desainer yang profesional.

Minta Feedback dari Klien

Setelah selesai mengerjakan project, jangan lupa untuk meminta feedback dari klien. Feedback dapat memberikan masukan positif dan negatif yang akan membantu kalian untuk meningkatkan kualitas pekerjaan kalian selanjutnya.

Tawarkan Harga yang Sesuai dengan Kemampuan Kalian

Jangan Murah-Murah Sangat

Pastikan kalian menyediakan harga yang sesuai dengan kemampuan kalian. Hindari menawarkan harga yang terlalu murah karena hal ini dapat merusak reputasi kalian sebagai desainer yang handal.

Hitung Biaya Sesuai dengan Kemampuan dan Waktu

Pastikan kalian menghitung biaya sesuai dengan kemampuan kalian dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan project. Jangan mengerjakan project dengan biaya yang rendah sehingga menurunkan motivasi kalian untuk mengerjakan project tersebut.

Buat Portofolio yang Menarik

Sertakan Project Terbaru

Ciptakan portofolio yang menunjukkan karya terbaru kalian. Kalian bisa menunjukkan project terbaru yang kalian kerjakan sebagai desainer grafis sehingga memikat klien yang ingin mencari desainer yang handal.

Tampilkan Kemampuan Kalian dengan Detail

Tidak hanya dari segi hasil karya, namun kalian juga harus menunjukkan kemampuan kalian dengan detail. Tuliskan juga pengalaman kalian dan keahlian kalian dalam bidang desain grafis.

Jaga Komunikasi dengan Klien

Balas Pesan dengan Cepat

Jangan terlalu lama untuk membalas pesan dari klien agar klien merasa dipedulikan. Namun, pastikan kalian tidak terlalu dekat dengan klien karena hal ini dapat memperburuk hubungan kalian dengan klien.

Saling Mengerti Kebutuhan Project

Pahami kebutuhan dan tujuan dari project yang diberikan oleh klien dan pastikan kalian dan klien sama-sama mengerti dengan baik terkait project tersebut. Hal ini akan memudahkan kalian untuk menyelesaikan project dengan baik dan sesuai dengan harapan klien.

Tips Bonus

  • Selalu update portfolio yang menarik
  • Pertahankan komunikasi dengan klien yang baik
  • Jangan terlalu ambisius dengan mengambil banyak proyek sekaligus
  • Perhatikan pengalaman pengguna Upwork lainnya untuk mengetahui tips dan trik untuk sukses di platform ini

Demikianlah 7 cara untuk mendapatkan proyek dengan bayaran yang tinggi di Upwork sebagai seorang desainer grafis. Jangan ragu untuk mengikuti kelas online yang bisa meningkatkan kualitas kalian dalam desain grafis sehingga kalian bisa mendapatkan proyek dengan bayaran yang tinggi di platform ini. Untuk bergabung di kelas online ini, kalian bisa mengakses link berikut ini Git Kreatif. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cara Menjalin Kerja Sama yang Baik dengan Klien sebagai Freelancer

Menjalin hubungan yang baik dengan klien saat menjadi seorang freelancer adalah sangat penting. Yuk, pelajari cara menjalin kerja sama yang baik dengan klien dalam blog ini!

Cara Menghadapi Penolakan dalam Bisnis Freelance Desain Grafis

Kamu freelance designer? Pasti pernah ditolak dong. Nah, jangan buru-buru menyerah ya! Yuk, baca tips menghadapi penolakan dalam bisnis desain grafis baru.

Menghasilkan Uang dengan Desain Grafis di Web Freelance Paling Populer

Cara Jitu Menghasilkan Uang dengan Desain Grafis di Web Freelance Paling Populer. Pelajari caranya di blog ini. Selamat mencoba!

Mendapatkan Penghasilan Stabil sebagai Desainer Grafis: Rahasia Sukses di Platform Freelance

Inilah Rahasia Sukses Desainer Grafis di Platform Freelance, Dapatkan Penghasilan Stabil!