Mempunyai pekerjaan yang tetap, jabatan yang tinggi dan bergaji besar di sebuah perusahaan merupakan impian hampir setiap orang. Namun, semakin tinggi jabatan dan fasilitas yang ditawarkan akan berpengaruh juga pada beban dan resiko pekerjaan tersebut.

Akan tetapi belakangan ini banyak juga orang yang menginginkan bekerja lepas (freelancer) yakni tanpa office hours, bekerja kapan saja dan dari mana saja dengan tujuan agar memiliki quality time dengan keluarga atau kebebasan waktu dalam bekerja tanpa mengesampingkan juga penghasilan atau cuan yang lumayan besar. Kira-kira apa ya pekerjaan freelance yang paling cuan?. Yuk simak postingan ‘8 pekerjaan freelance paling cuan‘ berikut.

1. 3D Interior/Exterior Designer

Buat kamu yang hobi ngedesain 3D, nah kamu bisa banget nih jadi seorang pekerja freelance 3D Interior/Exterior Designer, banyak banget ladang cuan yang bisa kamu hasilkan dari pekerjaan ini.

Kamu bisa buka jasa untuk ngedesain rumah misalnya, atau sekedar desain furniture sesuai kebutuhan yang memesan jasa sama kamu, biasanya bayaran yang kamu dapat bisa dihitung dari per meter persegi dari ukuran asli bangunan atau object yang kamu buat desain 3Dnya.

2. Digital Marketer

Hingga saat ini salah satu metode pemasaran suatu produk atau layanan yang paling efektif adalah melalui media digital atau biasa disebut dengan ‘Digital Marketing’. seseorang yang menjalani kegiatan tersebut ialah digital marketer. Pekerjaan digital marketer bisa dijadikan salah satu peluang usaha atau pekerjaan sampingan untukmu.

Scope pekerjaan digital marketer kini telah berkembang dari waktu ke waktu, mulai dari pengoptimalan mesin pencarian atau biasa disebut SEO (Search Engine Optimization), social media marketing, email marketing, dll. Bayaran seorang digital marketer ditentukan dari keterampilan dan lama pengalaman yang kamu miliki.

Jika kamu berminat dengan bidang ini, beberapa perusahaan mungkin bisa mempekerjakanmu sebagai freelancer dan menjadi bagian divisi digital marketing untuk membantu pemasaran produk perusahaan mereka.

3. UI/UX Desainer

Kamu pastinya sudah tahu jika peran UI/UX Desainer dalam dunia digital sangatlah penting. Secara umum peran UI/UX Desainer berpengaruh pada penampilan yang sifatnya informatif dari suatu sistem aplikasi atau produk digital yang kita gunakan sehingga dapat memudahkan kita dalam menggunakan aplikasi atau produk digital tersebut. Secara khusus, desainer UI dan desainer UX memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Berikut penjelasannya:

Apa itu UI Desainer?

UI Designer atau User Interface adalah orang yang mendesain tampilan suatu situs web, aplikasi, atau produk digital lainnya. Ia ahli di bidang desain, pemrograman, dan pemasaran. Mereka bertanggung jawab atas semua yang terlihat oleh pengguna di layar mereka seperti teks, warna, gambar, dan tombol pada web, aplikasi, atau produk digital.

Desainer UI biasanya bekerja sama dengan desainer dan pengembang lain untuk memastikan bahwa produk akhir secara estetika menyenangkan dan mudah digunakan

Apa itu UX Desainer?

Desainer UX atau User Experience adalah orang yang mendesain interaksi aplikasi atau produk digital dengan penggunanya. Sehingga memberikan kesan atau pengalaman berinteraksi dengan suatu aplikasi atau produk digital yang disajikan.

Desainer UX harus mampu berpikir kreatif dan memunculkan ide-ide baru tentang bagaimana sebuah antarmuka dapat bekerja. Mereka juga harus pandai memecahkan masalah, karena mereka akan memiliki banyak tantangan berbeda yang harus mereka atasi saat merancang antarmuka.

Sebagai seorang UI/UX Desainer, kamu bisa cari cuan dengan beberapa cara, seperti :

– Kamu bisa bekerja di perusahaan sebagai karyawan internal.
– Kamu bisa bekerja juga di agensi digital atau studio desain.

atau kamu bisa jadikan UI/UX menjadi ladang cari cuan tambahan sebagai pekerja freelance di berbagai perusahaan atau agensi digital.

4. Desainer Grafis

Nah kalau output bidang ini, sering banget kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pada kemasan produk, flyer, banner dan lain sebagainya. Jika kamu ingin jadi desainer profesional kami bisa mengkreasikan berbagai logo, ikon, illustrasi, dan foto. Kamu juga dapat bekerja sama dengan desainer UI/UX atau web desainer untuk pembuatan aplikasi digital yang kamu gunakan sehari-hari. Kamu bisa menggunakan berbagai software untuk membuat project seperti : Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw dan Inkscape.

Hal terpenting bagi seorang desainer grafis adalah kemampuan berpikir kreatif dengan tujuan mengkomunikasikan pesan secara visual melalui solusi desain yang baik secara estetis dan efektif dalam menyampaikan informasi. Sebagai freelancer kamu bisa dapetin job dengan bantuan berbagai situs freelancer seperti : Sribu, Fiver, 99 design, envato studio dll.

Nah, kalau kamu mau jadi desainer grafis sekaligus freelancer, kita buka kelas desainer grafis + freelancer di Git Kreatif. Dengan fitur life time akses dan dimentori oleh mentor yang sudah berpengalaman di bidang desain grafis & freelancer. Yang sudah menangani berbagai klien lokal maupun mancanegara sehingga kelas Git Kreatif ini cocok buat kamu. Sampai jumpa di kelas yaa

5. Web Desainer

Salah satu pekerjaan sampingan yang mungkin cocok untuk kamu ialah menjadi seorang web desainer.

Tugas seorang web desainer adalah kamu bisa merancang situs web yang secara estetika menyenangkan dan mudah di navigasi oleh pengguna. Dengan menggabungkan berbagai elemen desain visual seperti teks, font foto, grafik, animasi, dan video dengan berbekal kreativitasmu, pengetahuan tentang prinsip-prinsip desain, dan keterampilan teknis. Berbagai bidang yang berkaitan dengan pekerjaan web desainer ialah : desainer grafis, UI/UX desainer dan web programmer.

Melihat kebutuhan Industri desain web saat ini yang sangat kompetitif, akan banyak peran web desainer yang terserap oleh banyak industri tersebut. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan memberi pelayanan yang dibutuhkan untuk industri tersebut dan menjadi freelancer di bidang web desainer yang tentunya dibayar dengan baik sesuai dengan kinerjamu.

6. Programmer & Software Development

Untuk bidang programmer & software development adalah bidang pekerjaan yang membuat dan mendesain perangkat lunak. Kamu bisa membuat ide untuk sebuah program dan kemudian kamu menulis kode untuk membuat program tersebut bekerja.

Pastinya kamu harus adalah orang yang memiliki spesialisasi dalam merancang, membangun, menguji, dan memelihara perangkat lunak. Programmer juga dapat mengkhususkan diri dalam bahasa pemrograman atau area pemrograman tertentu (seperti database). Freelancer di bidang ini memiliki banyak kebebasan dalam hal mengatur jam kerjamu sendiri dan menyesuaikan jenis proyek yang ingin kamu ambil tergantung kemampuanmu.

Kamu bisa menggunakan platform freelance populer untuk mendapatkan project programmer & software development seperti upwork, toptal, dan guru.com. Platform ini menghubungkan freelancer dengan klien sehingga kamu dapat menemukan pekerjaan sesuai permintaan.

7. Konten Kreator

Kreatifitas seorang konten kreator disalurkan dengan membuat dan mempublikasikan konten di berbagai saluran seperti media sosial, blog, dll. Di bidang ini, kamu bisa membuat konten untuk organisasi atau perusahaan. kamu bisa menjadi penulis, editor, atau profesional lainnya.

Berbagai bentuk portfolio konten kreator yang kita ketahui seperti menulis posting blog, artikel, hingga mengedit video yang bertujuan membuat audiensmu merasa terlibat dan terhibur melalui hasil karyamu. Hal ini dilakukan dengan memberikan informasi yang relevan bagi kamu dengan cara yang kreatif. Jika kamu tertarik dengan bidang ini, kamu bisa jadi konten kreator freelancer yang bisa hasilkan cuan tambahan tentunya

8. Penulis Konten

Penulis konten adalah orang yang membuat dan menulis konten untuk situs web, blog, posting media sosial, dll. Dengan menjadi penulis konten, kamu bertanggung jawab untuk membuat dan menulis semua teks yang dipublikasikan di situs web atau blog perusahaan.

Ada banyak jenis konten yang dapat ditulis oleh seorang penulis konten. Kamu dapat menulis tentang apa saja mulai dari deskripsi produk hingga posting blog hingga artikel. Penulis konten sering disewa oleh perusahaan untuk menulis blog atas nama perusahaan atau oleh agensi digital untuk membuat konten untuk klienmu.

Seorang freelancer penulis konten bukanlah karyawan perusahaan, organisasi, atau individu yang mempekerjakan mereka. Kamu dibayar per jam atau per proyek. Bahkan kamu bisa mengatur jam kerjamu sendiri dan tentunya kamu harus tetap menyelesaikan pekerjaan yang diberikan klien sesuai deadline yang ditentukan.

Nah itu tadi informasi dari kita terkait ‘8 pekerjaan freelance paling cuan’. Kamu bisa sesuaikan bidang freelance mana yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Kalau kamu tertarik dengan dunia desain grafis, kamu bisa belajar desain grafis freelancer di kelas Git Kreatif. Semoga postingan artikel di atas bermanfaat buat kamu ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

7 Situs Untuk Jual Jasa Desain Grafis

Table of Contents Hide 1. Fiverr2. Upwork3. Designcrowd4. 99designs5. Sribulancer6. Projects.co.id7. PeoplePerhour…

Apa Itu Freelancer? Ini Dia 9 Keuntungan Jadi Freelancer

Table of Contents Hide 9 Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer1. Belajar Menjadi Manajer…

5 Software Desain Grafis Terbaik untuk Pekerjaan Freelancer

Kreativitas tanpa batas dengan 5 software desain grafis terbaik! Yuk, jadi freelancer sukses dengan tools yang bikin desain jadi makin nggak ribet!

Kiat sukses menjalankan bisnis desain grafis freelance

Mengubah Hobi Menjadi Sumber Penghasilan: Kiat Sukses Bisnis Design Grafis Freelance