Kalian yang sedang mencari peluang untuk menjadi freelancer desain grafis, pasti sudah tidak asing lagi dengan Freelancer.com. Nah, untuk kalian yang baru saja memulai dan ingin tahu bagaimana cara sukses di platform ini, kali ini kami berbagi .

1. Pahami Jenis Proyek yang Tersedia di Freelancer.com

Jenis Proyek untuk Desainer Grafis

Freelancer.com menyediakan banyak jenis proyek untuk desainer grafis, seperti logo & branding, desain web & aplikasi, ilustrasi & seni, kartu & undangan, poster & buletin, merchandise, desain pakaian, dan masih banyak lagi.

Agar lebih mudah mendapatkan proyek, ketahui juga jenis proyek yang sedang trending, seperti desain logo minimalis, desain website responsif, dan desain ilustrasi bergaya flat.

2. Buat Porfil yang Menarik

Tambahkan Portofolio Terbaik Kalian

Freelancer.com memudahkan kalian untuk menampilkan portofolio terbaik kalian. Tambahkan karya-karya terbaik kalian di profil sehingga klien bisa melihat kualitas desain kalian.

Sertakan Deskripsi Profil yang Menarik

Jangan lupa sertakan deskripsi profil yang bisa menarik perhatian klien. Jelaskan pengalaman dan keahlian kalian sebagai desainer grafis dan mencantumkan sertifikasi yang dimiliki juga bisa menambah nilai plus

3. Gunakan Keyword yang Tepat dan Menarik

Pilih Kata Kunci Sesuai Jenis Proyek

Gunakan kata kunci yang tepat dan menarik pada bid proposal. Pastikan kata kunci yang kalian gunakan sesuai dengan jenis proyek yang kalian tawarkan dan yang sedang dicari oleh klien.

Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami Oleh Klien

Jangan gunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dipahami oleh klien. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami agar klien mudah memahami apa yang kalian tawarkan.

4. Buat Proposal yang Menarik

Tampilkan Keahlian Kalian

Tampilkan keahlian kalian sebagai desainer grafis dan sebanyak mungkin karya terbaik kalian. Hal ini akan membedakan kalian dengan freelancer desainer grafis lainnya.

Tunjukkan Solusi yang Tepat untuk Proyek

Cantumkan solusi yang tepat untuk proyek yang ditawarkan oleh klien. Jelaskan bagaimana kalian merencanakan, mengadakan kemitraan dan mempraktikkan gagasan yang tepat untuk menyelesaikan proyek yang ditawarkan oleh klien.

5. Menjaga Kualitas Hasil Kerja

Komunikasi yang Baik dengan Klien

Komunikasikan dengan klien secara langsung, jawab pertanyaannya dengan cepat, dan pertahankan kualitas hasil kerja yang baik atau bahkan lebih baik lagi dari yang diharapkan oleh klien.

Jangan Menambahkan Biaya Tambahan

Sesuaikan harga yang kalian tawarkan dengan proyek yang sedang kalian kerjakan. Jangan menambahkan biaya tambahan yang tidak jelas dan membuat klien merasa tidak nyaman.

6. Terus Mengasah Keterampilan dan Belajar Hal Baru

Bergabung dengan Kelas Online

Kalian bisa terus mengasah keterampilan dan belajar hal baru dengan bergabung dengan kelas online di Git Kreatif. Di sini kalian bisa belajar desain grafis dan menjadi seorang freelancer desainer grafis yang lebih sukses.

Update Portofolio Terbaru

Terus update portofolio kalian dan tampilkan karya-karya terbaru kalian di profil. Hal ini akan menunjukkan kalian selalu mengasah keterampilan dan adaptif terhadap tren terbaru di dunia desain grafis.

Bonus Tips

  • Fokus pada jenis proyek yang ingin kalian tawarkan, tidak usah mencoba-coba menawarkan semua jenis proyek.
  • Buatlah trust dengan klien agar lebih mudah menyelesaikan project.
  • Gunakan software desain profesional seperti Adobe Photoshop dan Illustrator.
  • Jangan takut mengambil proyek besar atau proyek yang belum pernah kalian kerjakan sebelumnya. Kalian akan belajar banyak dari pengalaman tersebut.

Kesimpulan

Sekarang kalian sudah tahu . Jangan lupa terus mengasah keterampilan dan belajar hal baru sehingga kalian selalu menjadi desainer grafis yang terbaik. Dan, kalau kalian ingin bergabung dengan kelas online belajar desain grafis dan freelancer, kalian bisa langsung menuju ke website Git Kreatif. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

7 Tips Jitu Mendapatkan Pelanggan Baru sebagai Desainer Grafis di Platform Freelance

Ingin menambah pelanggan baru sebagai desainer grafis di platform freelance? Cari tahu 7 tips jitu dalam artikel ini!