Halo kalian yang sedang merintis usaha jasa desain atau yang ingin memperbarui harga jasa desain kalian! Setiap desainer pasti pernah mengalami kesulitan dalam menentukan harga jasa desain yang tepat. Tak jarang, harga jasa desain yang diberikan justru merugikan kalian karena terlalu murah atau justru klien akan kabur karena terlalu mahal. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan beberapa faktor dalam menentukan harga jasa desain kalian. Berikut panduan untuk membantu kalian menentukan harga jasa desain yang tepat.

1. Jenis Proyek yang Ditawarkan

Jenis Proyek Jasa Desain Online

Setiap jenis proyek mempunyai standar harga yang berbeda-beda. Biasanya, jasa desain online lebih murah daripada jasa desain offline. Maka dari itu, kalian perlu mengetahui jenis proyek yang ditawarkan dan mengutamakan kualitas hasil desain yang kalian berikan selaras dengan harga yang kalian berikan.

Performa Pekerjaan

Performa pekerjaan mencakup konsistensi desain yang kalian berikan, waktu dan energi yang dikeluarkan, dan tingkat kesulitan dari proyek tersebut. Semakin besar performa pekerjaan yang diberikan, maka semakin tinggi pula harga yang kalian tawarkan.

2. Target Pasar yang Dituju

Kecocokan Jenis Jasa Desain Dan Target Pasar

Sesuaikan jenis jasa desain yang ditawarkan dengan target pasar yang kalian tuju. Sebagai contoh, kalian mungkin menyesuaikan harga jasa desain dalam kategori startup dengan target pasar baru, dan menetapkan harga yang lebih rendah daripada harga jasa desain untuk perusahaan besar.

Prioritaskan Kualitas Hasil Desain

Tentukan harga yang wajar, sesuai dengan kualitas hasil desain yang kalian berikan. Kalian bisa mengacu pada feedback atau review yang sudah kalian terima dari pelanggan sebelumnya, dengan catatan bahwa kalian tetap fokus pada kualitas hasil desain tersebut.

3. Gaya Desain yang Ditonjolkan

Kombinasi Warna dan Komposisi Desain

Tampilan penuh warna atau tampilan netral bisa mempengaruhi harga jasa desain kalian. Selain itu, teknik dan komposisi desain juga memainkan peran penting dalam menentukan harga.

Kompleksitas Gaya Desain

Kompleksitas gaya desain juga perlu diperhatikan. Perlakukan desain yang lebih kompleks dengan harga lebih tinggi dibanding desain yang lebih sederhana dan mudah dibuat.

4. Jangka Waktu Pengerjaan

Deadline dan Prokrastinasi

Deadlines yang ketat atau jangka waktu yang singkat bisa mempengaruhi kenaikan harga jasa desain yang ditawarkan. Hindari prokrastinasi dalam pengerjaan proyek, karena hal ini hanya akan merugikan kalian sendiri.

Tambahan Biaya Expedisi

Tambahan biaya expedisi pun bisa ditambahkan dalam harga jasa desain, mengingat waktu pengiriman proyek yang semakin pendek pasti mengakibatkan biaya pengiriman yang lebih tinggi, sehingga membayar mahal adalah hak bagi pelanggan yang ingin segala sesuatunya cepat.

5. Tingkat Pengalaman yang Dimiliki

Pengalaman dan Reputasi di Bidang Desain

Tingkat pengalaman menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan harga jasa desain. Semakin tinggi tingkat pengalaman yang kalian miliki, maka harga jasa desain kalian akan lebih tinggi. Tidak hanya pengalaman, reputasi kalian di bidang desain juga menjadi salah satu unsur penting yang harus kalian tampilkan.

Standar Harga di Pasaran

Cari tahu informasi standar harga di pasaran agar tidak memberikan harga terlalu murah atau bahkan terlalu mahal untuk harga jasa desain yang kalian tawarkan.

6. Persaingan Pasar

Kompetitor yang Lain

Cari tahu harga jasa desain yang ditawarkan oleh kompetitor dan perusahaan penghasil jasa desain lainnya. Dengan mempertimbangkan beberapa faktor lainnya, kalian dapat menetapkan harga jasa desain yang sesuai dengan pasar.

Popularitas Desain

Tingkat popularitas desain yang kalian tawarkan dapat mempengaruhi harga jasa desain kalian. Sebagai contoh, desain yang sudah sangat populer atau trendi biasanya bisa memengaruhi kenaikan harga jasa desain.

7. Dana Investasi yang Dibutuhkan

Alat Desain

Setiap desain memerlukan perangkat desain yang berbeda-beda dan berbagai Software seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW. Pastikan bahwa kalian menyertakan dana investasi dalam harga jasa desain yang ditawarkan, sehingga kalian tidak merugi dalam jangka panjang.

Tenaga Kerja

Beberapa jenis proyek memerlukan tenaga kerja tambahan. Jika kalian perlu membayar tenaga kerja tambahan, pastikan tenaga kerja yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan tingkat pengalaman dan kemampuan yang dibutuhkan.

Tips Bonus:

  • Tetap terbuka dengan klien dalam membicarakan harga jasa desain yang tepat.
  • Sesuaikan harga jasa desain dengan kualitas hasil desain yang kalian berikan.
  • Perhatikan lingkup proyek dan ketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu proyek.
  • Tambahkan waktu cadangan jika terjadi masalah teknis atau halangan teknis dalam menjalankan suatu proyek.
  • Pertimbangkan harga jasa desain yang kalian tawarkan guna menjamin keamanan keuangan kalian di masa mendatang.
  • Buat sebuah kontrak kerja sebagai tindakan antisipasi bagi suatu proyek besar dengan pihak klien.

Kesimpulan:

Dalam menentukan harga jasa desain yang tepat, kalian harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis proyek yang ditawarkan, target pasar yang kalian tuju, gaya desain yang ditonjolkan, jangka waktu pengerjaan, tingkat pengalaman yang kalian miliki, persaingan pasar, dan dana investasi yang dibutuhkan. Anda juga harus tetap terbuka dalam berkomunikasi dengan klien dan mengutamakan kualitas desain yang kalian tawarkan dalam harga yang kalian tetapkan. Kalian juga bisa bergabung dengan kelas online belajar desain grafis dan freelancer di Git Kreatif untuk meningkatkan kemampuan desain dan menambah koneksi di industri kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Ini Cara Paling Efektif Menghasilkan Uang dengan Menjadi Desainer Grafis

Bingung mencari cara efektif untuk menghasilkan uang sebagai desainer grafis? Simak tips dan trik terbaik di sini!

Potensi dan Peluang Bisnis di Bidang Desain Grafis

Temukan peluang bisnis menarik di bidang desain grafis. Tingkatkan potensi Anda dan mulailah meraih sukses!

4 Ide Bisnis Desain Grafis yang Menjanjikan untuk Menghasilkan Uang

Berikut ada 4 ide bisnis desain grafis yang bisa menghasilkan uang dengan potensi besar. Bisnis ini memerlukan kreativitas, keahlian, dan konsistensi yang baik. Pelajari dan mulai bisnismu sekarang!

Cara Menghasilkan Uang Dari Desain Grafis

Siapa bilang hobi desain grafis hanya buang-buang waktu? Kini kamu bisa menghasilkan uang dari passionmu ini loh! Yuk, simak caranya di sini!