Halo Sobat Kreatif! Kalian pasti sudah mengerti pentingnya strategi marketing untuk mengembangkan bisnis kalian sebagai freelancer. Namun, terkadang ada kesalahan-kesalahan besar yang dilakukan oleh freelancer yang justru akan merugikan proyek kalian. Yuk, simak .

1. Tidak Memiliki Audience yang Spesifik

Sangat penting untuk mengetahui audiens kalian dengan baik. Jika kalian tidak tahu audiens kalian, kalian tidak akan tahu bagaimana cara mempromosikan proyek kalian dengan efektif.

Tip:

Lakukan riset tentang audiens kalian di media sosial dan cari tahu apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

2. Tidak Konsisten dalam Mempromosikan Proyek

Tidak konsisten dalam mempromosikan proyek kalian akan membuat publik merasa kurang tertarik.

Tip:

Buatlah jadwal promosi yang teratur dan tetap konsisten dalam mempromosikan proyek kalian.

3. Terlalu Fokus pada Jumlah Follower

Memiliki banyak follower bukan berarti kalian akan sukses dalam bisnis freelancer kalian. Jangan terjebak dalam angka-angka dan lupakan kualitas dari audience kalian.

Tip:

Lebih baik memiliki 100 follower yang aktif dan terlibat daripada 1000 follower yang tidak pernah melakukan tindakan apapun.

4. Tidak Mengoptimalkan Konten untuk SEO

Konten yang dapat ditemukan di mesin telusur akan meningkatkan popularitas proyek kalian. Namun, beberapa freelancer tidak memperhatikan hal ini dan menghasilkan konten yang tidak teroptimalkan.

Tip:

Cari tahu lebih dalam mengenai SEO dan perhatikan tag yang kalian gunakan pada setiap konten kalian.

5. Tidak Menggunakan Konten Visual

Konten visual seperti gambar dan video dapat membuat publik lebih tertarik dan memudahkan mereka untuk memahami informasi yang kalian sampaikan.

Tip:

Gunakan gambar atau video pada tiap konten yang kalian buat dan pastikan konten visual kalian menarik untuk dilihat.

6. Menganggap Terlalu Ringan Media Sosial

Media sosial adalah platform marketing yang sangat penting dan bisa menjadi aset besar bagi bisnis kalian. Namun, terkadang beberapa freelancer menganggap media sosial terlalu ringan.

Tip:

Buat jadwal untuk mengelola media sosial kalian dan tetap konsisten dalam menciptakan konten.

7. Tidak Mengembangkan Merek Pribadi dengan Baik

Merek pribadi bisa membuat kalian lebih mudah dikenali oleh publik. Namun, terkadang beberapa freelancer tidak memperhatikan branding mereka dengan baik dan hasilnya kurang maksimal.

Tip:

Buatlah brand yang mudah difahami oleh publik dan tetap konsisten dalam menciptakan konten yang berkaitan dengan brand kalian.

Tips Bonus:

  • Percayalah pada brand kalian dan tunjukkan passion kalian pada setiap konten yang kalian hasilkan.
  • Jangan ragu untuk melakukan riset dan mencari inspirasi pada freelancer lain atau kompetitor.

Kesimpulan:

Jangan lakukan kesalahan-kesalahan besar yang dapat merugikan proyek kalian. Kalian bisa menggunakan tips dan trik diatas untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Dan sebelum bahas tips belajar desain grafis, kami ingin mengajak kalian untuk bergabung di kelas online belajar desain grafis dan freelancer di Git Kreatif untuk menerima ilmu dan pengalaman dari para praktisi di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

7 Cara Jitu Mendapatkan Project di Fiverr dan Menghasilkan Uang

Penasaran bagaimana mendapat project di Fiverr? Simak 7 cara jitu untuk menghasilkan uang di platform ini. Jangan sampai kelewatan kesempatan!

Rahasia Sukses di Fiverr: Cara Membuat Gigs Menarik Untuk Menarik Klien

Ingin sukses di Fiverr? Simak cara membuat gigs menarik untuk mendapatkan klien dan meningkatkan pendapatan. Rahasia ada di sini!

5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Agar Sukses di Upwork

Tips Berkarir di Upwork: Hindari 5 Kesalahan Umum agar Meraih Sukses! Jangan sampai kehilangan peluang karena kesalahan simpel dalam mendesain profil dan proposal. Yuk, simak artikel ini!

7 Trik Untuk Meningkatkan Pendapatan Freelance di Fiverr

Belum puas dengan penghasilan di Fiverr? Nah, kali ini kami akan berbagi 7 trik simpel untuk meningkatkan pendapatan freelance Anda. Yuk, simak!