Freelancer atau tenaga kerja lepas menjadi salah satu jenis pekerjaan yang banyak peminatnya. Ini merupakan pekerjaan menjanjikan dan mempunyai banyak keuntungan, terlebih di masa digital seperti sekarang ini. Dimana pelaku freelance  tidak terikat oleh waktu serta tidak perlu pergi ke kantor setiap hari. Karena semua pekerjaannya bisa dilakukan by remote dari rumah.

9 Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer

Mengapa banyak yang berminat jadi seorang freelancer? Faktanya ada beberapa keuntungan ketika kamu menggeluti pekerjaan yang satu ini. Berikut ini ‘9 keuntungan mengenai apa itu freelancer’?

1. Belajar Menjadi Manajer Untuk Diri Sendiri

Free Round black mechanical clock with Roman numerals hanging on gray wall Stock Photo

Jika mendengar kata manajer, pastinya pikiranmu akan langsung teringat pada pimpinan yang memimpin sebuah perusahaan tertentu. Ketika kamu menjadi seorang freelancer, kamu bisa belajar menjadi manajer untuk diri sendiri.

Kamu juga berpeluang untuk menggapai masa depan yang lebih baik dari pekerjaan tersebut. Selain itu, kamu juga tidak akan bekerja dengan bayang-bayang tekanan dari atasan. Ini karena waktunya lebih fleksibel dan kamu bisa menyesesuaikan progres dengan kehendak diri sendiri tanpa menggangu deadline dan tujuan proyek yang di kelola.

2. Bekerja Sambil Berkumpul Dengan Keluarga

Free Cheerful Family Having Together with their Dog Stock Photo

Salah satu kelebihan menjadi seorang freelancer adalah bisa mengerjakan pekerjaan sambil berkumpul dengan keluarga. Dengan kata lain tidak perlu pergi ke kantor dan cukup bekerja dari rumah. Hal ini tentu saja berbeda dengan menjadi karyawan kantoran yang harus menghabiskan waktunya di kantor.

Sebagai freelancer, kamu juga bisa melakukan pekerjaan yang lainnya. Dengan begitu kamu memiliki peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah yang lebih banyak. Selain itu, pekerjaan ini juga membuat waktu kebersamaan dengan keluarga menjadi lebih banyak.

3. Membuat dan Mengatur Jadwal Libur Sendiri

Free Photo of Planner and Writing Materials Stock Photo

Seperti penjelasan di atas, pekerjaan sebagai freelancer sangat fleksibel. Salah satunya dalam mengatur jadwal pekerjaan dan jadwal libur. Kamu dapat mengatur deadline sesuai dengan keinginanmu. Dengan begitu tidak harus menunggu waktu hari Minggu maupun tanggal merah untuk libur. Kamu dapat mengambil hari off bekerja sesuka hati. Namun jangan lupa untuk memenuhi semua deadline sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan.

4. Memilih Pekerjaan Sesuai dengan Keahlian

Free Laughing businesswoman working in office with laptop Stock Photo

Pada dasarnya setiap orang mempunyai keahlian dan kemampuan yang berbeda-beda. Saat mencari sebuah pekerjaan memang perlu untuk memilih sesuai dengan keduanya. Salah satunya adalah menjadi seorang freelancer.

Dengan menjadi freelancer bebas memilih serta menentukan pekerjaan yang pantas untuk diambil. Tentu saja bisa sesuai dengan kapasitas keahlian maupun kemampuan dalam bidang pekerjaan tersebut. Dengan begitu dapat mengembangkan bakat dan berkarya lebih baik.

5.  Bisa Bekerja di Mana Saja

Free Man in Blue Dress Shirt Sitting on Brown Wooden Bench Stock Photo

Namanya juga freelancer selain bisa mengatur jadwal sendiri, bisa bekerja di mana saja sesuai dengan keinginan selagi terhubung dengan sambungan internet tetap aman. Para pekerjanya dapat bekerja saat di luar kota maupun di rumah sekalipun.

Para freelancer harus memiliki laptop atau smartphone dan sambungan internet untuk bekerja freelance online. Tentu saja hal tersebut sangat memberikan kefleksibelan terhadap waktu dan tempat untuk bekerja.

6.  Tidak Terdapat Istilah Atasan atau Bawahan

Free Photo of a Woman Watching a Man with a Moustache Work Stock Photo

Apabila bekerja di sebuah kantor atau perusahaan pastinya ada sebuah sekat antara atasan dan bawahan. Terkadang hal ini membuat rasa sungkan dan terkesan gap tersendiri. Berbeda apabila Kamu mengambil pekerjaan sebagai freelancer.

Di dalam dunia freelancer tidak ada istilah atasan dan bawahan. Akan tetapi hanya ada sebutan klien. Ini merupakan kata untuk menunjukkan pengguna dari jasa freelance Kamu. Malahan di sini para pelakunya dapat menjadi bos bagi diri sendiri.

7.  Menjanjikan Keuntungan yang Besar

Free Person Holding 100 Us Dollar Banknotes Stock Photo

Siapa yang tidak mau mendapatkan penghasilan besar namun pekerjaannya ringan? Pastinya semua orang menginginkannya. Salah satu solusinya adalah menjadi seorang freelancer. Meskipun pekerjaan terkesan sepele, ternyata memiliki prospek yang bagus.

Kamu tidak akan terikat dengan sebuah perusahaan tertentu sehingga bisa menjalin kerjasama dengan yang lainnya. Dengan begitu dapat menghasilkan uang dari berbagai pintu. Tidak perlu menunggu tanggal 1 setiap bulannya, setiap hari pun kamu peluang untuk gajian.

8.  Tidak Terbatas Masa Kerjanya

Free Busy black executive checking time on wristwatch on street Stock Photo

Jika menjadi pegawai pastinya akan ada batas pensiun dari pekerjaan. Akan tetapi ini tidak berlaku bagi seorang freelancer. Berbekal pengalaman, para freelancer dapat bekerja sesuai dengan keinginan mereka tanpa terhalang oleh usia.

Dengan kata lain selama masih bisa produktif maka masih tetap dapat menggeluti pekerjaan ini. Selain itu, aktivitas freelancer juga tidak banyak menguras banyak tenaga.

9.  Menentukan Gaji Sendiri

Free Paying With Cash Stock Photo

Jika bekerja di kantoran pastinya sudah ada ketentuan terkait dengan gaji. Kamu akan menerimanya sesuai dengan yang sudah ditentukan. Hanya ada tambahan penghasilan ketika mencapai target dari perusahaan.

Berbeda dengan menjadi seorang freelancer. Kamu bisa menentukan jumlah gaji yang diinginkan. Besarnya penghasilan tergantung dari banyak sedikitnya pekerjaan yang bisa dilakukan.

Rekomendasi Pekerjaan Freelancer Terbaik

Di era digital seperti sekarang banyak sekali bermunculan berbagai macam jenis pekerjaan freelancer. Ini bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan para pelajar dapat menghasilkan penghasilan tambahan dari aktivitas inil. Berikut adalah beberapa rekomendasi freelance terbaik yaitu:

1. Copywriter

Mungkin bagi sebagian orang masih sedikit asing dengan istilah copywriter, bukan? Ini merupakan pekerjaan freelance untuk kamu yang memiliki kemampuan untuk menulis artikel. Banyak perusahaan yang membutuhkannya.

Tugas seorang copywriter adalah menulis artikel yang berdasarkan pesanan. Biasanya para jasa pembuatan artikel membuka lowongan tersebut setiap harinya untuk mencari penulis profesional dan berpengalaman.

2. Berjualan di Marketplace

Bisnis jualan online menjadi salah satu rekomendasi bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ini berjualan di marketplace yang banyak tersedia misalnya saja shoppe , Lazada, Tokopedia dan platform lainnya.

Tidak perlu menyewa toko maupun menggaji karyawan, Kamu hanya cukup memajang foto produk pada aplikasi marketplace tersebut. Para pembelinya akan datang dengan sendirinya untuk melihat produk. Jadi, ini menjadi ide bisnis yang sangat mudah dan menguntungkan.

3. Berjualan Pulsa dan Paket Data

Saat ini tentu saja semua orang memerlukan pulsa maupun paket data untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dari fenomena tersebut maka kamu dapat mengambil peluang untuk berbisnis freelance dan menjualnya. Ini merupakan contoh freelance sejuta umat. Akan tetapi pekerjaan tersebut menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

4. Fotografer

Menyalurkan hobi sambil bekerja adalah hal menyenangkan. Bagi kamu yang memiliki kemampuan hasilkan gambar bagus melalui kamera, kamu bisa menekuni pekerjaan freelancer sebagai fotografer paruh waktu.

Tidak hanya membuka jasa foto saja, Kamu juga bisa hunting beberapa jepretan yang cantik pada saat mempunyai waktu luang. Setelah itu, hasilnya bisa di-upload melalui berbagai platform penjualan foto. Di sana bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hanya dari hasil bidikan kamera. Sungguh keren bukan?

5.  MUA

MUA jadi salah satu jenis freelancer yang berkembang melalui hobi. Bagi Kamu kemampuan dalam bidang tata rias maka bisa menggeluti pekerjaan menjadi makeup artis. Para kaum hawa banyak melakukan pekerjaan ini bahkan tidak menutup kemungkinan ada juga para pria.

Tidak perlu membuka salon sendiri. Tentunya membutuhkan modal banyak, namun bisa menjadi MUA panggilan. Ini berarti jasa kamu ketika klien memanggil untuk make up acara tertentu seperti wisuda, pesta atau wedding. Lebih baik lagi jika bekerja sama dengan EO.

5.  Desain Grafis

Saat ini, peluang menjadi seorang desainer grafis freelancer sangat terbuka lebar. Mengingat segala aspek dalam kehidupan kita sudah terkoneksi melalui sistem digital yang mengedepankan pelayanan visual. Baik dari segi bisnis atau layanan informasi. Peran desainer grafis sangatlah dibutuhkan. Dengan menjadi seorang desainer grafis freelancer, kamu bisa melakukan pekerjaan dari rumah dan bisa dapetin job dengan bantuan berbagai situs freelancer seperti : Sribu, Fiver, 99 design, envato studio dll.

Ikuti kelas Desain grafis Freelancer di sini

Melihat dari berbagai macam kelebihan di atas memang menjadi seorang freelancer terkesan sangat mudah saat menjalani profesinya. Akan tetapi hal itu kembali lagi pada masing-masing individu untuk mengambil sebuah keputusan dalam bekerja.

Pekerjaan sebagai freelancer sekarang hampir mengalahkan kantoran. Ada banyak pekerja di kantor menjadikan freelance sebagai usaha sampingan. Tentu saja karena hasilnya dapat untuk memenuhi kehidupan sehari-hari tanpa harus menunggu tanggal muda untuk gajian.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu freelancer dan keuntungannya. Dengan mengetahuinya, pastinya akan membuat kamu lebih termotivasi untuk bekerja sebagai freelancer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

7 Situs Untuk Jual Jasa Desain Grafis

Table of Contents Hide 1. Fiverr2. Upwork3. Designcrowd4. 99designs5. Sribulancer6. Projects.co.id7. PeoplePerhour…

8 Pekerjaan Freelance Paling Cuan

Table of Contents Hide 1. 3D Interior/Exterior Designer2. Digital Marketer3. UI/UX DesainerApa…

5 Software Desain Grafis Terbaik untuk Pekerjaan Freelancer

Kreativitas tanpa batas dengan 5 software desain grafis terbaik! Yuk, jadi freelancer sukses dengan tools yang bikin desain jadi makin nggak ribet!

Kiat sukses menjalankan bisnis desain grafis freelance

Mengubah Hobi Menjadi Sumber Penghasilan: Kiat Sukses Bisnis Design Grafis Freelance