Halo sobat kreatif, Zaman sekarang penyampaian pesan atau informasi melalui media digital sudah menjadi kebutuhan bagi kita ya sob. Untuk itu, pesan digital harus dibuat lebih praktis dan menarik agar isi pesan dapat tersampaikan dengan efektif dan efisien. Nah, Desain grafis dan multimedia punya peran penting untuk mengolah pesan digital jadi lebih praktis dan menarik.

Meski secara umum fungsi desain grafis dan desain multimedia bisa dibilang sama, Tapi elemen penyusun masing-masing desain berbeda. Simak informasi berikut ya sobat!

1. DESAIN GRAFIS

Desain grafis biasanya membuat tampilan visual dan statis yaitu elemen yang tidak berubah dari waktu ke waktu, seperti bentuk, warna, dan gambar. Seperti web, banner, brosur dan yang lainnya. Desain grafis memiliki beberapa elemen penyusun seperti :

A. Garis

Elemen garis adalah salah satu yang paling penting dalam desain grafis. Garis dapat digunakan untuk menciptakan berbagai bentuk dan wujud, dan juga dapat digunakan untuk menciptakan kedalaman dan dimensi. Garis bisa lurus, melengkung, atau zigzag, dan dapat digunakan untuk menciptakan berbagai efek.

B. Warna

Elemen warna adalah aspek penting lainnya dari desain grafis. Warna dapat digunakan untuk menciptakan suasana hati, dan untuk mengarahkan mata pemirsa ke area tertentu dari desain. Warna juga dapat digunakan untuk menciptakan kesan harmoni atau kontras.

C. Bentuk

Elemen bentuk juga merupakan aspek penting dari desain grafis. Bentuk dapat digunakan untuk menciptakan ketertarikan, dan untuk mengarahkan mata pemirsa. Bentuk bisa geometris atau organik, dan dapat digunakan untuk menciptakan berbagai efek.

D. Teksture

Elemen tekstur juga merupakan aspek penting dari desain grafis. Tekstur dapat digunakan untuk menciptakan kesan kedalaman, dan untuk menambah ketertarikan pada sebuah desain. Tekstur bisa halus atau kasar, dan dapat digunakan untuk menciptakan berbagai efek.

E. Ruang

Elemen ruang juga merupakan aspek penting dari desain grafis. Ruang dapat digunakan untuk menciptakan rasa keseimbangan pada mata pemirsa.

D. Tipografi

Elemen font atau tipografi merupakan aspek penting dari desain grafis. Fontdapat digunakan untuk menciptakan berbagai efek. Tipografi dapat digunakan untuk menciptakan kesan hirarki, dan untuk menambah ketertarikan pada sebuah desain.

2. DESAIN MULTIMEDIA

Sementara desainer multimedia, menciptakan visual interaktif yang dapat dialami pada berbagai perangkat, termasuk komputer, ponsel, dan tablet. Yang berarti desainer multimedia harus terampil dalam pemrograman dan pengkodean, selain juga punya keterampilan desain visual yang bagus.

Adapun berikut ini elemen penyusun desain multimedia terdiri dari :

A. Gambar

Gambar merupakan bagian penting dari setiap desain multimedia karena memberikan konteks visual untuk elemen lain dalam desain. Mereka dapat digunakan untuk mengilustrasikan konsep, menceritakan sebuah kisah, atau menunjukkan bagaimana sesuatu bekerja.

B. Video

Video adalah elemen penting lainnya dalam desain multimedia karena memungkinkan Anda menceritakan kisah dengan suara dan gerakan. Anda dapat menggunakannya untuk menunjukkan proses, memperkenalkan produk atau layanan baru, atau menceritakan sejarah perusahaan Anda.

C. Audio

Audio adalah elemen penting lainnya dalam desain multimedia karena menyediakan hubungan emosional dengan audiens.

Jadi, Jika sobat tertarik untuk berkarir di bidang desain disarankan harus memutuskan jenis desain mana yang paling cocok untuk sobat. Kalau sobat kreatif tertarik untuk membuat visual statis, maka karier dalam desain grafis mungkin cocok buat sobat. Adapun jika sobat tertarik untuk membuat pengalaman interaktif, maka sobat bisa berkarier dalam desain multimedia seperti membuat video digital, animasi, dan media interaktif.

Jika sobat ingin belajar desain grafis dan freelancer dalam waktu singkat, sobat bisa belajar di Git Kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Berikut 7 Situs Terbaik Untuk Cari Inspirasi Desain Grafis

Table of Contents Hide 1. Pinterest2. Dribbble3. Behance4. Designspiration.com5. Instagram6. Awwwards7. DeviantArt…

7 Macam Illustrasi Dalam Desain

Table of Contents Hide 1. Ilustrasi Vector2. Ilustrasi Raster3. Ilustrasi tradisional4. Ilustrasi…

10 Teknik Desain Grafis Modern yang Harus Diketahui Designer

Perkembangan zaman selalu mempengaruhi desain grafis modern. Sebagai seorang designer, penting untuk…

Pengaruh Desain Grafis untuk Sistem Pemasaran Digital

Table of Contents Hide 1. Memahami Desain Grafis dalam Ilmu Digital Marketing2.…