Sebagai seorang desainer grafis, ketika kalian menerima sebuah project desain, kalian harus melakukan hal yang lebih dari sekedar membuat desain. Kalian harus mengenal calon klien dengan baik agar dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan hasil yang memuaskan.

Profil Perusahaan dan Industri

Sejarah Perusahaan

Kalian perlu mengetahui sejarah perusahaan calon klien dan bagaimana mereka berkembang selama ini agar kalian dapat membuat desain yang sesuai dengan identitas mereka.

Peran Industri

Jangan lupa untuk mengetahui peran industri yang ditekuni oleh calon klien kalian. Hal ini akan membantu kalian untuk menentukan arah desain yang sesuai.

Audience dan Target Market

Audience Demographics

Kalian harus mengetahui siapa yang akan menjadi audience desain kalian. Demografis audience seperti usia, jenis kelamin, dan pekerjaan dapat menjadi faktor penentu desain kalian.

Pain Points

Kalian juga harus mengetahui apa yang menjadi pain point dari target market calon klien kalian. Dengan mengetahui hal tersebut, kalian dapat memberikan desain yang dapat menarik perhatian target market.

Tren Desain dan Brand Image

Brand Image

Brand image sangat penting untuk calon klien kalian. Ketahui brand image mereka agar kalian dapat membuat desain yang konsisten dan sejalan dengan brand image tersebut.

Tren Desain Terkini

Kalian juga harus mengetahui tren desain apa yang sedang populer di industri calon klien kalian. Dengan mengetahui hal ini, kalian dapat menciptakan desain yang sesuai dengan tren terkini dan dapat menarik perhatian sangat lebar.

Budget dan Timelines

Budget

Selalu ketahui batas budget yang diberikan oleh calon klien kalian agar kalian dapat membuat desain yang sesuai dengan budget mereka.

Timelines

Kalian juga harus mengetahui jadwal kapan calon klien kalian membutuhkan hasil desain kalian. Ini akan membantu kalian untuk mengatur waktu dan sumber daya agar project dapat diselesaikan tepat waktu.

Competitors dan Differentiation

Competitors

Kalian harus mengidentifikasi siapa saja kompetitor calon klien kalian. Hal ini akan membantu kalian dalam membuat desain yang berbeda dan lebih menonjol dari para kompetitor tersebut.

Differentiation

Tentukan poin yang membedakan calon klien kalian dari kompetitor mereka. Hal ini dapat membantu kalian untuk membuat desain yang menonjol.

Communication dan Expectations

Komunikasi

Setiap klien perlu dihubungi sesuai dengan preferensi mereka. Ketahui cara komunikasi yang diinginkan oleh calon klien kalian agar kalian bisa mengatur kalender atau jadwal lainnya.

Expectations

Pastikan calon klien kalian memiliki ekspektasi realistis tentang project desain. Hal ini akan membantu kalian dalam memberikan hasil yang lebih dari ekspektasi mereka.

Kontrak dan Legalitas

Terms and Conditions

Dalam mengerjakan project desain, kalian harus membuat kontrak atau kesepakatan bersama dengan calon klien kalian yang jelas dan lengkap. Hal ini dapat membantu kalian menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Legalitas

Kalian juga harus memastikan bahwa calon klien kalian memiliki dokumen legalitas yang lengkap sebelum memulai project desain. Hal ini akan membantu melindungi kalian dan hasil kerja kalian.

Tips Bonus

  • Pastikan kalian melakukan riset terhadap calon klien, industry, dan target market dengan cermat
  • Selalu berkomunikasi dengan jelas dan terbuka dengan calon klien kalian
  • Buatlah kontrak yang jelas dan lengkap

Kesimpulan

Dalam merintis bisnis desain grafis, mengenal calon klien dengan baik akan membantu kalian untuk memberikan hasil terbaik. Dengan mengetahui profil perusahaan, target market, tren desain dan brand image, budget dan timelines, competitors dan differentiation, communication dan expectations, dan kontrak dan legalitas, kalian dapat memahami kebutuhan calon klien kalian lebih baik dan dapat menghasilkan desain yang sukses. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang desain grafis dan karir sebagai freelancer, bergabunglah dengan kelas online belajar desain grafis dan freelancer di Git Kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Alasan Mengapa Membuat Brand Guidelines untuk Klien Sangat Penting dalam Bisnis Desain

Membuat Brand Guidelines penting buat klien kamu! Ini meningkatkan branding kamu, menghemat waktu dan uang, serta memperkuat relasi kamu dengan klien.