Kalian ingin belajar desain grafis tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Jangan khawatir, dalam artikel ini kalian akan belajar mengenai dasar-dasar desain grafis dan bagaimana menghasilkan karya terbaik dari tangan kosong.

Pengenalan Desain Grafis

1: Apa itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah proses membuat visual atau representasi dari ide-ide dan konsep-konsep menggunakan elemen grafis dan teks. Banyak orang mengira bahwa desain grafis hanya berfokus pada hal-hal seperti logo dan poster, tetapi sebenarnya ada banyak aspek yang terlibat dalam desain grafis.

2: Memahami Prinsip Desain Grafis

Ada beberapa prinsip desain grafis yang harus kalian ketahui, seperti tata letak, warna, bentuk, tekstur, dan banyak lagi. Setiap prinsip ini akan mempengaruhi cara kalian memproyeksikan pesan secara visual.

Alat dan Teknik Desain Grafis

1: Software Desain Grafis

Ada banyak software desain grafis untuk kalian pilih, dari yang gratis hingga yang berbayar. Namun, software desain grafis yang paling populer di dunia saat ini tentu saja Adobe Photoshop dan Illustrator.

2: Teknik Menggambar

Menggambar dengan tangan tidak pernah keluar dari mode. Meskipun kalian dapat membuat gambar dan desain dengan menggunakan alat desain grafis, tetapi keterampilan menggambar dengan tangan kalian bisa sangat berguna. Belajar menggambar dapat membuat kalian lebih berpikir kreatif dan dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan imajinasi kalian.

Warna dan Tipografi

1: Penggunaan Warna

Pemilihan warna yang tepat dapat menciptakan kesan yang tepat dan dapat menyampaikan pesan yang kalian inginkan. Banyak pemula dalam desain grafis cenderung berlebihan atau bertentangan dalam penggunaan warna.

2: Tipografi

Tipografi bisa dibilang adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Bagaimanapun juga, pesan kalian lebih mudah dipahami ketika kalian memilih jenis huruf yang tepat. Dalam memilih jenis huruf, selain memperhatikan jenis hurufnya, kalian juga perlu memperhatikan faktor ukuran huruf, pengaturan antara huruf dan jarak antar baris.

Komposisi Desain

1: Membuat Tata Letak

Cara menata elemen desain grafis pada sebuah tampilan menjadi alur cara kita menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan. Hal yang perlu diperhatikan adalah penempatan elemen, jarak antarelemen, distribusi warna, kesan visual, dan tata ruang.

2: Kecocokan Visual

Harus dipastikan setiap elemen pada desain grafis cocok dengan lingkungan tempat pembuatan karya tersebut akan di tempatkan. Terlihat kompak, rapi dan teratur agar mudah dipahami oleh yang melihat.

Tampilan Dinamis

1: Bahasa SVG dan Animasi SVG

Scalable Vector Graphics (SVG) menciptakan design secara artwork yang dinamis, dan dapat diubah ukuran secara proporsional dan tetap tajam, tidak berkabut ketika di zoom in. Animasi SVG dapat mencakup efek seperti panning gambar, efek animasi dasar.

2: Desain Responsif

Desain responsif yang benar-benar efektif akan membuat website melihat seimbang pada semua jenis browser dan layar, baik itu layar dekstop maupun mobile.

Karya Desain untuk Proyek

1: Pekerjaan Freelancer

Desainer Grafis adalah pekerjaan yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat dan perusahaan. Kalian berpeluang untuk bekerja sebagai freelancer, dimana kalian bebas memilih proyek yang ingin dilakukan. Dalam pekerjaan ini dibutuhkan portfolio.

2: Proyek Desain Produk

Pembuatan desain tertentu dapat menghasilkan profit yang layak dan efektif. Tidak jarang banyak bisnis yang menggunakan desain unik dan efisien di dalam produk mereka. Ada beberapa metode yang dapat dipelajari agar hasil desain sesuai untuk produk yang dibuat.

Judul 7: Tips-tips Desain Grafis

1: Cara Memulai Desain Grafis

  • Pilih topik yang kalian kenal
  • Cari referensi desain
  • Ukur dan gambar sketsa awal
  • Atur tata letak elemen
  • Periksa pesan yang ingin disampaikan

2: Pandangannya Dalah Satu Paket

  • Melihat dari sisi klien
  • Melihat dari sisi audience/konsumen
  • Memberikan ide yang fresh
  • Bekerja dengan waktu yang tersedia
  • Bekerja secara independen dan team

Demikian beberapa dasar-dasar desain grafis dan tips yang dapat kalian pelajari. Git Kreatif adalah platform online yang menyediakan kelas online desain grafis, serta bimbingan freelance untuk membantu kalian dalam mengembangkan kemampuan desain kalian. Gabunglah sekarang juga di kelas ini melalui website Git Kreatif.

Git Kreatif

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

7 Font Sans Serif yang Sering Digunakan Desainer Grafis

Hai, teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang font sans serif yang sering digunakan desainer grafis. Yuk, simak artikelnya!

Ukuran Media Desain: Satuan Cm dan Pixel sebagai Pilihan Terbaik

Membahas tentang pilihan ukuran media desain terbaik dalam satuan cm atau pixel. Simak penjelasannya disini!

7 Teknik Membuat Efek Bayangan pada Desain Grafis

Kamu tau ga? Ada 7 teknik keren buat bikin efek bayangan di desain grafis loh! Gabungin warna dan transparan biar makin oke.

Pemilihan Warna dalam Desain Grafis: Trik Ampuh untuk Tampil Menarik

Dapatkan tips pilihan warna yang menakjubkan untuk desain grafis yang memesona. Tampil menarik dengan trik terbaik dalam desain!