Kalian pasti tahu jika sebuah proyek desain membutuhkan color palette yang baik. Color palette yang dipilih dengan baik akan mempengaruhi keseluruhan tampilan desain yang kalian buat. Dalam artikel ini, kalian akan menemukan beberapa tips untuk memilih color palette yang tepat.

Tetap Sederhana

Pilih 3 Warna Utama

Ketika memilih color palette, pastikan kalian memilih warna-warna yang tidak terlalu banyak. Pilihlah 3 warna utama yang akan menjadi dasar dari color palette kalian. Dengan begitu, kalian akan dapat membuat desain yang lebih fokus dan terstruktur.

Campur Warna Dingin dan Hangat

Pastikan kalian memilih warna dingin dan hangat untuk color palette kalian. Warna dingin akan memberikan kesan tenang, sementara warna hangat akan memberikan kesan hangat dan menyenangkan. Menyatukan kedua warna akan memberikan keseimbangan yang baik dalam desain kalian.

Mengenal Kontras dalam Penggunaan Warna

Pilih Warna Utama dan Warna Kontras

Selain warna utama, pastikan kalian juga memilih warna kontras. Kontras dipakai untuk menentukan elemen penting dalam desain kalian. Pilih warna yang berbeda secara signifikan namun bisa saling melengkapi, lalu gunakan warna tersebut untuk menarik perhatian ke bagian-bagian penting dalam desain kalian.

Jangan Takut untuk Bereksperimen

Selalu ingat bahwa desain kalian adalah kreativitas yang unik. Jangan takut untuk bereksperimen dan mencampur warna yang tidak biasa. Kalian mungkin akan mendapatkan kombinasi warna baru yang luar biasa dari eksperimen tersebut.

Menggunakan Color Scheme yang Berbeda

Pilih Analogous Color Scheme

Analogous color scheme terdiri dari kombinasi warna yang berdekatan di roda warna. Pilihan ini akan memberikan kesan yang konsisten dan terstruktur dalam desain kalian.

Pilih Complementary Color Scheme

Pilihan ini meliputi dua warna yang terletak di ujung yang berlawanan di roda warna. Warna ini akan membuat desain kalian mudah mencolok dan memikat perhatian. Pastikan kalian menggunakannya pada elemen khusus atau untuk menekankan elemen yang penting pada desain kalian.

Mengetahui Sifat Warna

Pilih Warna Netral Sebagai Dasar

Warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu biasa digunakan sebagai dasar desain. Warna tersebut sangat fleksibel sehingga dapat digunakan untuk memperkuat elemen desain lainnya.

Pilih Warna Murni untuk Mencolok

Warna murni adalah warna-warna yang tidak dicampur dengan warna lain sehingga sangat mencolok. Warna torquise, merah, dan kuning adalah beberapa contoh warna murni yang dapat memberikan kesan yang kuat dalam desain kalian.

Mengenal Warna-warna Musiman

Pilih Warna yang Cocok dengan Musim

Memilih color palette yang cocok dengan musim dapat memberikan kesan yang berbeda-beda pada desain kalian. Warna pastel cocok untuk musim semi dan warna-warna cerah seperti kuning atau merah cocok untuk musim panas. Warna-warna yang lebih tua dan netral cocok untuk musim gugur dan warna-warna dingin seperti biru dan putih cocok untuk musim dingin.

Campur Warna Pure White dan Soft Beige

Campur warna putih dan beige dengan warna lain dapat memberikan kesan yang tidak terlihat musiman. Kombinasi tersebut dapat membuat desain kalian terlihat timeless dan cocok untuk semua musim.

Meningkatkan Konsistensi Color Palette pada Branding

Buat Guidelines Branding untuk Setiap Color Palette

Setiap brand harus memiliki guidelines branding yang mencakup color palette dan beberapa hal lain seperti logo, letterhead, dan ikon brand. Guidelines ini akan memastikan bahwa setiap elemen desain yang dibuat untuk brand kalian akan seragam dan konsisten.

Pilih Color Palette yang Cocok dengan Branding

Pastikan color palette yang kalian pilih cocok dengan elemen branding yang ada. Pilih warna yang konsisten dengan pesan brand kalian dan mencerminkan sifat dan nilai yang ingin kalian tonjolkan.

Menggunakan Aplikasi untuk Memilih Color Palette

Gunakan Adobe Color CC

Adobe Color CC adalah aplikasi gratis yang dapat kalian gunakan untuk memilih color palette dengan sangat mudah. Kalian dapat membuat color palette dari gambar yang ada atau memilih warna-warna dari roda warna.

Gunakan Canva

Selain Adobe Color CC, Canva juga menyediakan fitur untuk memilih color palette untuk desain kalian. Kalian dapat memilih warna yang disediakan atau membuat warna kalian sendiri.

Tips Bonus

  • Gunakan warna-neon ketika ingin memperlihatkan suatu elemen desain dengan eyecatching
  • Perhatikan kualitas cetakan kalian ketika menggunakan warna yang agak gelap, terkadang terjadi perbedaan antara desain kalian di layar dan hasil cetakan
  • Gunakan warna pastel pada background atau design desain untuk memberikan kesan yang elegan

Kesimpulan

Dalam memilih color palette yang tepat untuk desain kalian, pastikan kalian memilih warna-warna yang tepat untuk tujuan dan pesan desain kalian. Menggabungkan warna yang tepat akan membantu kalian menciptakan desain yang menarik dan profesional. Jangan lupa untuk bergabung di kelas online belajar desain grafis dan freelancer di Git Kreatif untuk meningkatkan skill dan mendapatkan proyek yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Bagaimana Memilih Jenis Font yang Tepat untuk Desainmu?

Desainmu semakin menarik dengan pemilihan font yang tepat! Jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis font dan pilih yang terbaik sesuai konsep desainmu. Yuk, simak tips memilih font yang tepat di blog kami!

Menentukan Harga Jasa Desain: Tips dan Trik yang Efektif

Ingin menetapkan harga jasa desain yang tepat? Simak tips dan trik efektif untuk menghindari penawaran terlalu murah atau mahal. Mari pelajari bersama!

Belajar Desain Grafis Tanpa Keluar Banyak Uang? Berikut Solusinya

Belajar desain grafis tanpa merogoh kocek yang dalam? Tenang saja, solusinya ada di sini! Baca artikel kami dan dapatkan tips serta trik untuk belajar desain grafis dengan efektif dan murah. #belajardesain #grafis #tipstrick #budgetfriendly

Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Desainmu

Ingin tampilan desainmu semakin menarik? Yuk, simak tips cara memilih warna yang tepat untuk desainmu agar terlihat profesional dan menarik perhatian!